DEWAN PIMPINAN PUSAT
FORUM SEKRETARIS DAERAH SELURUH INDONESIA
(DPP FORSESDASI)
Sejarah

Pembentukan Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) dideklarasikan dalam Rapat Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia pada tanggal 9 Mei 2011 di Makasar Provinsi Sulawesi Selatan. FORSESDASI ini dibentuk sebagai wadah berhimpun Para Sekretaris Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Kebersamaan dan solidaritas sesama anggota FORSESDASI menjadi modal yang sangat penting dalam pencapaian visi dan misi FORSESDASI.

Tujuan pembentukan FORSESDASI adalah untuk saling membantu dan bersatu padu serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan nasional pada umumnya dan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada khususnya, dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. FORSESDASI ini sebagai perwujudan tanggung jawab dan amanah yang diemban setiap Sekretaris Daerah untuk membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) FORSESDASI periode 2011 – 2015 ditetapkan pada Musyawarah Nasional (MUNAS) I dengan Keputusan MUNAS I FORSESDASI nomor 01/KMN/FORSESDASI/2011 tanggal 25 November 2011 dan susunan keanggotaannya ditetapkan dengan Keputusan MUNAS I FORSESDASI nomor 02/KMN/FORSESDASI/2011 tanggal 25 November 2011, serta dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri Bapak H. Gamawan Fauzi. DPP FORSESDASI periode 2011 – 2015 tersebut diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Bapak H. A. Mualim SH, MSi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) sekaligus Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar menghadiri penutupan Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi tahun 2019. Kegiatan ini digelar di BSCC Dome Balikpapan, Kamis (21/02).

Dipaparkan Nasrun Umar, Rakernas Forsesdasi 2019 menghasilkan Rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti oleh DPP Forsesdasi diantaranya ...

Pekanbaru, Detaksatu.com – Said Syarifuddin, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Terpilih Sebagai Ketua Forsesdasi, Forum Sekretaris Daerah Seluruh indonesia Komisariat Wilayah Provinsi Riau Periode Tahun 2018-2022, pengukuhan dipimpin oleh Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, Sabtu 03 November 2018.

Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi yang menduduki Jabatan salah satu pengawas Komisariat Forsesdasi Wilayah Riau Setelah Gubernur & Bupati WaliKota Se-Riau, secara resmi mengukuhk...

DEWAN Pengurus Pusat Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (DPP Forsesdasi) menggelar rapat kerja (raker) yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (28/7). Agenda rutin tahunan tersebut diikuti oleh anggota maupun pengurus Forsesdasi.

Ketua Umum DPP Forsesdasi yang juga merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatra Selatan, Nasrun Umar, mengatakan bahwa ada tiga topik utama dalam pembahasan. Pertama, terkait pemilihan tuan rumah pelaksanaan rapat kerja nasional (rakernas) ...

INFO BISNIS-- Jabatan sekretaris daerah (sekda) sering dilihat sebagai posisi yang tahu semua hal yang terjadi dan akan terjadi di daerah tempatnya bertugas. Hal ini tentu sesuai dengan tugas dasar sekda, yaitu membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah serta lembaga teknis daerah. Sekda memiliki peranan penting dalam proses pengelolaan pemerintahan daerah.

Menurut pelaksana harian Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hamdani, sekda puny...

Sekda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Nasrun Umar menunjukkan prestasinya di kancah nasional.

Sekda kebanggaan Wong Sumsel ini terpilih menjadi Ketua Umum Forum Sekretariat Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Periode 2018-2021 dalam Munas Ke-3 Forsesdasi di Hotel The Santosa, Kamis (26/4).

Terpilihnya Nasrun Umar ini setelah dilakukan musyawarah mufakat oleh seluruh anggota dan diumumkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Implementasi Reformasi Birokrasi Tahun ...

Kunjungan silaturahmi ini juga langsung dihadiri oleh Asda I dan Asda III Jawa Barat, Ketua Forsesdasi Jawa Barat Sekda Kabupaten Tasik, Wakil Ketuanya Sekda Kota Bogor, serta Sekda Kabupaten Bandung, dan Sekda Idramayu. Begitupun para Sekda Kalimantan Selatan yang tergabung dalam Forsesdasi Kalsel.

Sekda Iwa mengatakan, kujungan silaturahmi ini salah satunya adalah bagaimana meningkatkan kinerja pemerintahan dalam rangka untuk memper...

Instagram